Selasa, 26 April 2016

Ini 4 Penyebab DO ( Drop Out ) di PKN STAN



4 Penyebab Drop Out (DO) di STANPoliteknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) merupakan Perguruan Tinggi Negeri di bawah naungan Kementerian Keuangan. Nama PKN STAN sendiri mulai diresmikan tanggal 23 Juli 2015 kemarin lalu, dari yang sebelumnya namanya STAN aja. Dengan transformasi kelembagaan ini, memungkinkan PKN STAN nanti menyelenggarakan program pendidikan magister terapan atau doktor terapan.

Saat ini, pendidikan di STAN secara umum terdiri dari program pendidikan diploma I, diploma III dan diploma IV. Namun program diploma IV bukan untuk alumni SMA/sederajat, tapi hanya khusus untuk alumni diploma III STAN.

Baca Juga : Alur Pengangkatan Alumni PKN STAN Menjadi PNS

Untuk program D-III pendidikan dilaksanakan selama 6 semester atau kurang lebih selama 3 tahun di Bintaro, Tangeran Selatan (non bea cukai) dan di Rawamangun, Jakarta Timur (Bea Cukai). Sedangkan program D-I pendidikan dilaksanakan selama 2 semester atau kurang lebih 1 tahun di berbagai Balai Diklat Keuangan yang tersebar di beberapa kota di Indonesia.

Selain nama besar nya yang telah melanglang buana, Sekolah tinggi kedinasan yang satu ini juga terkenal dengan yang namanya Drop Out, tak jarang mahasiswa PKN STAN harus menerima kenyataan pahit ini karena di sekolah ini kalian dituntut untuk menjadi siswa yang berintegritas dan juga cerdas.

DO berlaku di setiap semester, selama 3 tahun masa kuliah. Pada saat buku ini ditulis, penulis turut bersedih guys, beberapa temen telah pulang ke kampung halaman karena DO, tapi jangan takut guys, selama kita belajar, kita akan survive kok di kampus Ali Wardana (nama lain kampus STAN)

Baca Juga : Jurusan Manajemen Keuangan PKN STAN

Untuk mengetahui sistem pembelajaran yang diterapkan di kampus STAN, silakan datang dan lihat langsung ke kampus STAN di Bintaro sektor 5 yaa guys termasuk kalo mau jumpai penulis modul ini, penulis masih mahasiswa aktif kok.


DO STAN disebabkan oleh:

1. Absen

Kehadiran kuliah minimal 80% dalam 1 semester pada setiap pelajaran. Biasanya 1 semester ada 16 pertemuan setiap pelajaran. Jadi maksimal ketidakhadiran yang diperbolehkan adalah 3 kali. Kalau sudah 4 kali, siap-siap pulang kampung saja.
Asal niat kuliah, ini mah gampang dilewati kok.

2. Indeks Prestasi (IP)

IP minimal pada semester ganjil adalah 2,40
IPK minimal pada semester genap adalah 2,75
IP dibawah itu bisa dipastikan DO. Menurutku, mencari IP 3,00 keatas di STAN itu gampang kok, asal mau belajar saja. Beberapa temenku ke-DO itu gara-gara hobinya main game online, jarang banget belajar, kuliah sering terlambat.

3. Keputusan Kepala BPPK

Ini biasanya gara-gara mencuri, pakai narkoba atau beberapa alasan yang ekstrim aja. Asal kamu tidak aneh-aneh, ini bisa dilalui dengan mudah.

4. Meninggal Dunia/Sakit Jiwa

Penting! Melakukan kecurangan ketika ujian (UTS/UAS), kamu mulai sekarang jangan nyontek atau ngopek lagi ya, merusak fasilitas kampus, berkelahi dsb.

Artikel Terkait

Ini 4 Penyebab DO ( Drop Out ) di PKN STAN
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email